Site icon KonasaraNews.com

Berlomba Menjadi yang Terbaik, Buton Utara Raih Juara 2 Terbaik Kategori Kafilah se-Sultra

KENDARI – Kafilah dari 17 kabupaten dan kota berkumpul di Kota Kendari, dalam berlaga merebut predikat terbaik dalam palagan lomba MTQ ke XXIX.

Meski diguyur hujan, pada saat pembukaan Kabupaten Buton Utara (Butur) berhasil meraih juara 2 terbaik kategori Kafilah Kabupaten dan Kota se Sulawesi Tenggara (Sultra). Juara tersebut diperoleh saat mengikuti lomba pawai taaruf dan etno religi carnaval.

Pawai taaruf dan etno religi carnaval yang dilombakan, terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori Kafilah kabupaten dan Kota, kategori Umum paguyuban ormas keagamaan dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), serta kategori Siswa, Madrasah dan sekolah.

Pengumuman dan penyerahan hadiah bagi kategori juara, telah diumumkan pada acara malam pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-29 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu, 10 Agustus 2022, dan Buton Utara mendapat hadiah berupa pialah serta uang tunai sebesar Rp. 17.500.000.

Wakil Gubernur Sultra, Dr. H. Lukman Abunawas mengapresiasi seluruh peserta pawai ta’aruf dan etno religi carnaval yang terus semangat dalam memeriahkan MTQ dan menggemakan kalam illahi termasuk memeriahkan hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

“Pawai ta’aruf dan carnaval merupakan rangkaian kegiatan MTQ tingkat provinsi, Alhamndulillah walau dengan kondisi cuaca hujan, namun tidak mengurangi semangat peserta untuk memeriahkan musbaqah tilawatil qur’an,” ucapnya.

Diwaktu yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra, KH.Mursidin mengatakan pawai ta’aruf dan etno religi carnaval juga bagian dari warna dalam moderasi beragama di Sultra, sehingga toleransi antar umat beragama juga tetap terjaga dengan baik.

“Moderasi beragama di Sultra cukup kuat dan dengan melalui kegiatan seperti pawai ta’aruf dan carnaval yang diikuti seluruh lintas agama telah menggambarkan kerukunan antar umat di daerah ini tetap terjaga dan harmonis,” jelas Ketua MUI Sultra.

Untuk diketahui, pemenang lomba pawai di masing-masing kategori terbaik yakni

Kategori Kafilah kabupaten dan Kota: Juara terbaik 1 di raih oleh Kabupaten Buton Selatan, terbaik ke 2 di raih Kabupaten Buton Utara dan juara 3 di menangkan oleh Kabupaten Konawe.

Kategori Umum, paguyuban ormas keagamaan dan BKMT: terbaik pertama dimenangkan oleh BKMT Kecamatan Wua-Wua, terbaik ke 2 di raih oleh paguyuban masyarakat Bali Sultra, dan terbaik ke 3 dimenangkan oleh Ikatan Wanita Sulawesi Selatan.

Kategori Siswa, Madrasa dan sekolah: terbaik pertama diraih oleh madrasah Aliyah pesantren umusabri Kendari, pemenang terbaik ke 2, di raih oleh Madrasa Aliyah Insan Cendekia Kendari dan SMA Negeri 1 Kendari keluar sebagai terbaik ke 3.

Laporan: Safrudin Darma

Exit mobile version