Pengamanan PT Freeport Indonesia, 102 Personil Brimob Polda Sultra Diberangkatkan ke Papua

Hukum81 Dilihat

KENDRI – Upacara pemberangkatan satuan setingkat kompi (SSK) atau sebanyak 102 anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) di Provinsi Papua, Rabu (23/02/22).

Bertempat di Makobrimob Polda Sultra, pemberangkatan itu diawali dengan upacara seremonial yang dipimpin langsung Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

Kapolda Sultra berpesan bahwa dalam bertugas yang diemban harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar terhindar dari pelanggaran yang merugikan diri sendiri maupun untuk kesatuan,

BACA JUGA :  Diduga Cemarkan Nama Baik, Kuasa Hukum Bupati Konut Laporkan Korlap Rumpun Muda Nusantara ke Polda Sultra

“Setiap anggota penting untuk selalu awas diri agar dapat mendeteksi dini, mengingat disana kerap terjadi gangguan kelompok separatis bersenjata,” imbau Kapolda.

Ditempat yang sama, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra, Kombes Pol. Adarma Sinaga mengatakan keberangkatan sebanyak 102 personel Brimob Polda Sultra itu untuk melakukan giat penugasan pengamanan, penjagaan, pengawalan rute dari PT Freeport serta semua objek dari ronrongan dan ancaman Kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Jangka waktu penugasan rencananya selama 6 bulan dan akan menggantikan pasukan yang telah lebih dulu bertugas disana,” kata A Darma.

BACA JUGA :  Diduga Cemarkan Nama Baik, Kuasa Hukum Bupati Konut Laporkan Korlap Rumpun Muda Nusantara ke Polda Sultra

Lanjut Adarma, personel yang diterjunkan ke tanah Papua sebelumnya telah dibekali dengan pelatihan Pra Operasi (Latpraops) Korps Brimob Polri di Cikeas, Jawa Barat selama 9.

“Untuk total keseluruhan yang berangkatkan sebanyak 408 personil dari 4 SSK yang tergabung dari Brimob Polda Banten, Brimob Polda Metro Jaya, Brimob Polda Kalimantan Selatan, dan Brimob Polda Sultra,” pungkasnya.

Laporan: Renaldy

Komentar