Tahun 2022, DPMD Butur Sebut Ada Dua Agenda Yang Jadi Prioritas Utama

Daerah80 Dilihat

BUTON UTARA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara (Butur) diawal tahun 2022 bakal memprioritaskan penggunaan Dana Desa dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Hal itu disampaikan langsung, Kepala DPMD Butur, Mohamad Amaluddin Mokhram mengatakan di tahun 2022 ini, ada dua kegiatan yang jadi agenda besar di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“Tahun ini, setidaknya ada dua kegiatan penting,” ungkap Mohamad Amaluddin Mokhram saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at 28 Januari 2022.

BACA JUGA :  Kabar Bahagia!, Paslon Ikbar-Abuhaera Bakal Naikkan Honor Aparat Desa dan BPD

Mohamad mengatakan, salah satu kegiatan penting itu merupakan kegiatan rutin tahunan. Seperti, pembinaan desa dalam hal penggunaan dana desa serta penyelengaraan pemilihan kepala desa serentak tahun 2022.

“Yang pertama itu, saya kira semua daerah sama, yang kita pantau ini bagaimana pengelolaannya, bagaimana pertanggung jawabannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mohamad mengaku pihaknya juga memantau sejauh mana daya serap desa dalam bentuk program-program yang diselenggarakan setiap desa.

BACA JUGA :  PENDAFTARAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN KONAWE UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2024

“Jadi, program-program desa yang terealisasikan akan di pertanggungjawabkan diakhir tahun,” jelasnya.

Selain itu, Mohamad juga membeberkan, ada puluhan desa di Butur yang saat ini dijabat Kepala Desa (Kades) sementara.

“Dari 78 desa, ada 39 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022 ini. Dan 39 desa itu, kepala desanya dijabat sementara oleh Aparatur sipil negara,” pungkasnya.

Laporan: Zual

Komentar