Site icon KonasaraNews.com

Konut Terima Piagam Penghargaan WTP dan Pengelolaan Kinerja DAK Fisik oleh Menteri Keuangan

Ketgma : Lima kabupaten/kota dan Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra), saat menerima penghargaan dari KPPN A1 Kendari, Jumat 15 Oktober 2021. Foto : Renaldy

KENDARI – Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) A1 Kendari menganugrahi piagam penghargaan Kabupaten Konawe Utara dan sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), berupa Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penganugrahan itu diberikan pada Jumat 15 Oktober 2021 bertempat di Aula Kantor KPPN A1 Kendari yang dihadiri oleh 5 kabupaten/kota dan Pemprov Sultra.

Kepala KPPN Kendari, Teguh Ratno Sukarno yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, bahwa cerminan akuntabilitas keuangan pemerintah yang baik, kembali diraih oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta ditandai meningkatnya jumlah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) maupun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020.

“7 Pemerintah daerah di wilayah kerja KPPN Kendari, 6 (enam) pemerintah daerah meraih Opini WTP atas LKPD Tahun 2020, dan beberapa pemerintah daerah bahkan telah memeroleh Opini WTP antara 3 hingga 8 kali,” ucapnya.

Sehingga atas perolehan tersebut, lanjut Teguh Ratno, pencapaian WTP merupakan sesuatu yang sangat membanggakan sebagai bagian dari mengelola keuangan negara utuk mencapai tujuan bernegara yaitu menciptakan masyarakat adil dan makmur, mencapai tujuan-tujuan pembangunan, serta mensejahterakan dan memeratakan kesejahteraan.

“Menteri Keuangan atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Konawe Utara, Marthen Minggu mengatakan, jika hasil dari kerja keras OPD yang selalu membantu dalam rangka melakukan pengelolaan pertanggung jawaban keuangan secara transparan, akuntabel dan terukur.

“Ini juga menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, meskipun sudah berturut-turut sebanyak 4 kali mendapatkan piagam penghargaan, tetapi dengan perolehan tersebut kita harus terus mempertahankan,” ujarnya.

Marthen juga menambahkan, sebagai daerah yang terpilih dari 17 Kabupaten dan Kota, Konawe Utara merupakan daerah yang terbaik dalam rangka pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, soal ketepatan waktu, dan realisasi. Sebab Kabupaten Konawe Utara berada di peringkat kedua terbaik setelah Provinsi Sulaweai Tenggara.

“Dengan adanya piagam ini mendorong kami dalam mengelola keungan dengan lebih baik lagi,” tutupnya.

Berikut enam daerah yang menerima piagam penghargaan dari pemerintah pusat yaitu:

1. Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 8 kali
2. Kota Kendari sebanyak 7 kali
3. Kabupaten Konawe sebanyak 6 kali
4. Kabupaten Konawe Utara sebanyak 4 kali
5. Kabupaten Konawe Kepulauan sebanyak 2 kali
6. Kabupaten Bombana sebanyak 7 kali

Laporan : Renaldy

Exit mobile version