Dinkes Bombana Siap Luncurkan Ambulans Laut

Daerah106 Dilihat

BOMBANA – Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), siap meluncurkan ambulans laut jenis speed bot dalam waktu dekat ini.

Mengingat, di Kabupaten Bombana terdapat enam kecamatan yang berada di wilayah kepulauan dan untuk menuju ke ibukota, satu-satunya alat transportasi adalah menggunakan kapal laut.

Kondisi yang cukup memprihatinkan jika ada warga yang sakit harus menyewa alat transportasi, sehingga Pemkab Bombana melalui Dinas Kesehatan menyiapkan kendaraan transportasi.

BACA JUGA :  Mantan Kepala BKAD Konut Angkat Bicara Terkait Pinjaman Daerah

“Ambulans yang didesain dari speed boat ini untuk keperluan pengangkutan pasien rujukan, terutama pasien kondisi darurat, dari pulau yang hendak mendapatkan pelayanan rumah sasit dan juga pengantaran jenazah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Darwin, Rabu 18 Agustus 2021.

BACA JUGA :  Soal Beasiswa, Calon Bupati Ikbar : Mereka Baru Janji, Konasara II Sudah Lakukan, Konasara III Siapkan Perdanya

Kata Darwin, peluncuran ambulans laut untuk masyarakat merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2019 tentang retribusi pelayanan kesehatan, yang didalamnya dilengkapi dengan fasilitas kesehatan memadai.

“Ambulans ini akan disiagakan 24 jam, dan stay di pelabuhan Kasipute. dilengkapi dengan alat standar kesehatan,” ujarnya.

Laporan : Muis

Komentar