Site icon KonasaraNews.com

Konut Level Tiga Sebaran Covid-19, Bupati dan Kapolres Rakor Bersama Perusahaan

Ketgam : Bupati Ruksamin melalui vidcom saat rakor bersama Kapolres AKBP Achmad Fathul Ulum, Wabup Abu Haera, Forkopimda dan perusahaan tambang dan sawit, di aula Dinkes Konawe Utara, Rabu 28 Juli 2021. Foto : Ist

KONAWE UTARA – Bupati Ruksamin bersama Kapolras AKBP Achmad Fathul Ulum, Wakil Bupati Abu Haera dan perwakilan perusahaan pertambangan dan perkebunan kelapa sawit menggelar rapat koordinasi pencegahan penyebaran Covid-19 untuk areal perusahaan secara virtual, Rabu 28 Juli 2021

Rapat yang gelar oleh Kepolisian Resor Konawe Utara tersebut berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Konawe Utara, sementara Bupati Ruksamin melalui vidcom di kediamannya di Desa Basule Kecamatan Lasolo.

Bupati Ruksamin dalam paparanya mengatakan, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Konut saat ini terus bertambah, dari data tersebut sebagian pasienya berasal dari karyawan yang bekerja di perusahaan.

Makanya, lanjut Ruksamin, Pemda Konut telah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Level 3. Aturan tersebut berlaku termaksud dalam lingkungan perusahaan yang beroperasi di Bumi Oheo.

“Kita sudah berlakukan PPKM pada Level 3 di Konawe Utara sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid-19 , hal ini tertuang dalam surat edaran Bupati nomor: 440/186/2021,” kata Mantan Ketua DPRD Konut ini.

Untuk itu, bagi setiap perusahaan agar menyediakan tempat Isolasi mandiri jika ada karyawan yang positif, serta mengikuti putuskan pemerintah Kabupaten dengan melaksanakan vaksinasi dimasing-masing perusahaan.

“Tenaga kesehatan kami akan siapkan untuk melakukan vaksinasi bila perusahaan membutuhkan. Jika ada yang positif untuk dikoordinasikan dengan Puskesemas setempat. Kami sudah menyiapkan berasnya, sarungnya, dan gulanya. Lengkap untuk kebutuhan selama isoma,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Achmad Fathul Ulum, mengatakan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Konut terus mengalami peningkatan dan saat ini berjumlah 78 orang.

“Situasi pandemi Covid-19 masih terus meningkat, khususnya di Konut. Tanggal 23 Juli 2021 lalu terdapat 37 orang positif, 5 hari kemudian 78 orang postif,” bebernya.

Sehingga, lanjut AKBP Achmad Fathul Ulum, persoalan pencegahan Covid-19 menjadi tanggung jawab seluruh elemen yang ada.

“Oleh karena itu saya mengundang pimpinan perusahaan untuk bersama mencari solusi bagaimana kedepannya Konut bisa zero kembali,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Wabup Konut Abu Haera, juga menegaskan, bagi setiap perusahaan untuk menindaklanjuti terkait peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

“Setelah rapat ini, saya ingin ada tindak lanjut di perusahaan, agar ini betul-betul kita koordinasi dengan baik,” tegasnya.

Laporan : Mun

Exit mobile version