Pengamat Politik Lirik Abdul Razak – Andi Sulolipu Menang di Pilwali 2024

Politik82 Dilihat

KENDARI – Belakangan ini nama Abdul Razak – Andi Sulolipu selalu muncul dalam bursa kandidat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, pada Pemilihan Walikota (Pilwali) 2024 mendatang.

Sederet nama memiliki peluang untuk maju cukup tinggi untuk mencalonkan diri. Meski demikian, Pengamat politik dari Universitas Haluoleo (UHO), Najib Husain menyebut keduanya berpotensi memenangi Pilwali Kendari pada 2024.

Katanya, ada alasan mengapa keduanya memiliki peluang besar melanjutkan kepemimpinan Sulkarnain – Siska Karina Imran.

BACA JUGA :  Pilgub Sultra, Ruksamin Berpeluang Kuat Gunakan Partai Golkar

Basis suara keduanya berbeda. Kekuatan Abdul Razak ada di daerah pemilihan (dapil) Abeli. Namun kelemahannya di dapil Kendari Barat.

“(Kendari Barat) itu adalah wilayah kekuatan Andi Silolipu,” ungkapnya, Minggu, 4 Juli 2021.

Selain itu, Abdul Razak dan Andi Solulipu, hingga saat ini telah mendapatkan dukungan dari dua Partai yang cukup kuat yakni Partai Nasdem dan Partai Gerindra.

“Kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan. Konfigurasi dua etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis,” tuturnya.

BACA JUGA :  Ketua DPC Dampingi Calon Bupati Ikbar Terima B1KWK Partai Hanura

Pasangan ini saling melengkapi satu sama lainnya. Lebih lanjut, dari kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

Pasangan yang berakronim Asli ini cukup kuat untuk terus menambah elektabilitas sebelum hari Pilwali Kendari 2024 nantinya.

“Catatan yang penting, karna pasangan sangat awal mengsosialisasikan diri. Sehingga perlu mengatur irama dan cerdas dalam memainkan isu,” pungkasnya.

Laporan: Ardiansyah

Komentar