PLN Gelontorkan Ratusan Juta untuk 10 Program Kegiatan Ditiap Kabupaten

Metro74 Dilihat

KOLAKA – PT. Perusahan Listrik Negara (PLN) Persero Unit Induk Pembakit Penyaluran (UIKL) Sulawesi, Unit Pelaksanan Pengendali Pembangkitan (UPDK) Kendari menggelar acara seremonial penyerahan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) 2020 di Kabupaten Kolaka.

Anggaran yang digelontorkan kurang lebih Rp. 670 juta yang terbagi menjadi 10 program kegiatan yang terbagi dibeberapa kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Manager UPDK Kendari, Muh. Rusli Zain mengatakan kegiatan seremonial yang dilaksanakan oleh PT. PLN adalah bentuk tanggung jawabnya terhadap sosial lingkungan.

“Alhamdulilah kita bisa bersama berkumpul di lokasi pembangkit tenaga listrik mikro hidro untuk melaksanakan kegiatan seremonial penyerahan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) 2020 se-Sultra,” tuturnya, Selasa, 29 Juni 2021.

Lanjut Rusli, untuk 10 kegiatan diantaranya bantuan peralatan ruang pembelajaran ruang tahfiz ubay bin ka’ab di Kendari, pemberdayaan kelompok tani Gryia Asri Cendana melalui tanaman hidroponik dan home industri jus hidroponik di Kendari.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara ke-78 Tahun, Biddokkes Polda Sultra Gelar Bakti Kesehatan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Tak hanya itu, bantuan peralatan bank sampah induk berkah mandiri di Kendari, bantuan usaha kelompok nelayan karaba iklan Desa Lambara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Bantuan peralatan bank sampah induk Unaaha Konawe, bantuan peralatan dan rehabilitasi magrove Desa Nii Tanasa Konawe, selain itu, bantuan program transpalasi terumbu karang Desa Nii Konawe.

Selain itu, bantuan penyediaan air bersih masyarakat mantowu Kabupaten Buton, bantuan penghijauan hutan lindung daerah aliran sungai (DAS) di Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka, bantuan usaha kelompok nelayan lagundi Wangi-wangi Wakatobi.

“Dari 10 rogram kegiatan itu memakan anggaran Rp. 670 juta,” singkatnya.

Kata Rusli, khusus Kabupaten Kolaka adalah penghijauan hutan lindung daerah aliran sungai tempatnya di Desa Ulurina  di Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka dengan luasan lenghijaun DAS 11 hektar.

“Ini program berkelanjutan, Insya allah mohon doanya semoga kita bisa lakukan kegiatan ini disetiap tahun,” katanya.

Rusli juga berharap kepada masyarakat penerima program, bisa membantu perekonimian masyarakat ditengah pandemi Covid 19. Kemudian bisa menciptakan lapangan kerja.

BACA JUGA :  Sambut Hari Jadi Bhayangkara ke-78 Tahun, Polda Sultra Tanam 780 Bibit Pohon

“Untuk penanaman pohon ini kami minta sinerginya masyarakat, karena apa yang kami lakukan ini tidak bisa berjalan pastinya peran masyarakat itu paling utama,” harapnya.

Semantara itu, Wakil Bupati Kolaka, H. Muh Jayadin mengatakan sangat bersyukur karena PLN telah menyalurkan kegiatan sosial rehabilitasi daerah aliran sungai di Kabupaten Kolaka.

“Saya akui memang banyak DAS yang ada di Kolaka telah ditambah, dan itu memang perlu untuk di rehabilitasi dengan dihijaukan,” tutur Jayadin.

Adanya kegiatan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) 2020, tentunya akan memperbaiki DAS yang ada di Kolaka khususnya di Kecamatan Wolo.

“Dengan kegiatan saat ini di tengah pendemi, pastinya akan membawa dampak prekonomaian. Karena dengan program ini pastinya masyarakat akan mendapat sesuatu minimal bisa menyambung kehidupan di tengah pandemi Covid 19 ini,” tandasnya.

Laporan: C2

Komentar