Harlah Pancasila Jadikan Momentum Menyatukan Pendapat di Konasara Jilid II

Budaya, Daerah83 Dilihat

Konawe Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 di posko utama penanganan Covid-19.

Bupati Konut, H. Ruksamin mengatakan dikarenakan ada pandemi virus Corona (Covid-19), maka acara peringatan pun diselenggarakan secara virtual yang diikuti secara nasional.

“Di ikuti secara nasional dengan menyesuaikan tempat dan zona waktu dari pelaksanaan upacara utama di Jakarta oleh Bapak Presiden Republik Indonesia,” ungkapnya, Selasa, 1 Juni 2021.

Meskipun dilakukan secara virtual, seluruh unsur pemerintahan Kabupaten Konut, nampak terlihat memakai pakaian berbagai suku, khas Provensi Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA :  PENDAFTARAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN KONAWE UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2024

“Dimana para peserta mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku budaya antara lain, pakaian adat suku Tolaki, Bugis, Bajo, Muna, Buton, Toraja, Jawa, dan Sunda,” ucapnya.

Secara intrinsik, Bupati Konut dua periode tersebut menyampaikan bahwa dari pelaksanaan peringatan hari lahir pancasila ini adalah persatuan dan persamaan persepsi tanpa memandang perbedaan apapun untuk bersama-sama membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjutnya, secara umum dan membangun Kabupaten Konut secara khusus, mengingat pasca pemilu lalu ada yang membuat perbedaan pendapat dan berbagai isu politik yang memecah belah.

BACA JUGA :  Mantan Kepala BKAD Konut Angkat Bicara Terkait Pinjaman Daerah

“Sehingga melalui Hari Lahir Pancasila ini dapat menyatukan kembali seluruh perbedaan pendapat tersebut, untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Konawe Utara yang lebih sejahtera dan berdaya saing di bawah nakhoda Konasara Jilid II,” tuturnya.

Upacara tingkat Kabupaten Konawe Utara diikuti oleh Bupati Konawe Utara, Wakil Bupati Konawe Utara, Sekretaris Daerah, Kapolres Konawe Utara, Perwira Penghubung, Kejaksaan Negeri Konawe, Danpos BINDA, Danpos AL Molawe, Staf Ahli, Asisten dan seluruh Kepala OPD Lingkup Pemda Konawe Utara.

Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila dengan tema Nasional “Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

Komentar