Site icon KonasaraNews.com

Wabup Konut Tinjau Pasar

Ketgam : Wakil Bupati Konawe Utara, Abu Haera saat melakukan kunjungan peninjauan pasar di daerah itu, Selasa 18 Mei 2021. Foto : Ist

KONAWE UTARA – Wakil Bupati Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Abu Haera mulai melakukan sidak dan peninjauan di pasar-pasar yang ada di daerah itu, Selasa 18 Mei 2021.

Kali ini, pasar yang dikunjungi diantaranya pasar Bende yang sedang dalam tahap pembangunan serta perampungan, pasar Wawoluri, pasar Sentral Sawa, Lembo dan Wawolesea yang juga dalam tahap perampungan.

Setiap pasar yang dikunjungi, Abu Haera memperhatikan dengan seksama kondisi fisik hingga pengelolaan dan pemanfaatannya. Selain itu, pasangan Bupati Ruksamin itu selalu mengkoordinasikan dengan Pihak Disperindag, Dinas Lingkungan Hidup tentang kelayakan dan pemenuhan asas lingkungan yang sehat dan bersih.

“Kita melihat secara langsung proses transaksi jual-beli, kondisi bangunan, kondisi lingkungan, hingga lahan pasar, jika ada bangunan pasar atau los yang rusak ini supaya dimasukkan dalam perencanaan untuk diperbaiki hingga benar-benar layak digunakan,” kata Abu Haera.

“Jika lahannya masih kurang kita upayakan segera agar lokasi lahannya ditambah. Seperti di pasar Lembo ini kondisi sudah tidak baik, lapak-lapaknya sudah harus diganti atau dibuatkan los baru. Kalau perlu kita timbun karena berada dekat sungai supaya tidak banjir,” sambungnya.

Menurut Mantan Sekda Konut itu, pasar yang ada sarana pendukungnya harus lengkap seperti air bersih dan kamar mandi, serta pengelolaan sampah, limbah harus bagus.

“Ini sentral vital bagi perekonomian masyarakat. Jadi secara bertahap harus kita tingkatkan sarana dan prasarananya. Lahan parkir harus ada agar tidak mengganggu lalu lintas, tempat ibadahnya dan pengelolaan retribusinya harus bagus. Jika ada pasar yang posisinya kurang tepat perlu kita geser atau pindahkan tempatnya,” ujarnya.

Kunjungan Wakil Bupati didampingi oleh Staf Ahli dan Asisten, Anggota DPRD Hendrik Johanis, Kadis Perindag, Kadis DLH, Kepala UMKM, serta Camat dan Lurah atau Desa dari wilayah yang dikunjungi.

Sesuai rencana, besok pada hari Rabu 19 Mei 2021 peninjauan pasar akan dilanjutkan di Kecamatan Wiwirano, Langgikima, Oheo, Asera dan Andowia.

Laporan : Mun

Exit mobile version